CARA MEMINTA MAAF DALAM BAHASA INGGRIS

Gambar : pixabay.com

UNGKAPAN PERMINTAAN MAAF DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA | UCAPAN PERMINTAAN MAAF DALAM BAHASA INGGRIS DAN RESPONNYA 

Hasbiyallah Nasri  BLOGGEM

Berikut ini disajikan ungkapan-ungkapan atau ucapan-ucapan untuk permintaan maaf yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. Cara membaca bahasa Inggris yang disajikan pada tulisan ini menggunakan gaya pengucapan American English pada ToPhonetic.com. 

Adapun Untuk Panduan Membaca Simbol Fonetik Bahasa Inggris silahkan Klik DI SINI  

UCAPAN PERMINTAAN MAAF DALAM BAHASA INGGRIS (EXCUSES AND APOLOGIES)

Excuse me. [ɪkˈskjuz mi] : Maaf, maafkan saya, permisi.

Keterangan : Excuse me atau Please excuse me atau Would you excuse me, Please adalah suatu permintaan maaf atas suatu pelanggaran atau kesalahan yang bersifat ringan.

Umpamanya dengan tidak sengaja menguap atau bersin pada waktu berakap-cakap. Atau kalau terpaksa kita harus lewat di tengah-tengah atau di depan orang-orang yang sedang bekerja, jadi sedikit banyaknya mengganggu orang-orang itu. Dalam hal ini orang Indonesia kadang-kadang mengucapkan Permisi.

Please excuse me. [pliz ɪkˈskjuz mi] : Harap maafkan saya.

Excuse me for being late. [ɪkˈskjuz mi fɔr ˈbiɪŋ leɪt] : Maafkan saya karena terlambat.

Please excuse me for not coming earlier. [pliz ɪkˈskjuz mi fɔr nɑt ˈkʌmɪŋ ˈɜrliər] : Harap maafkan saya karena tidak datang lebih cepat.

Excuse me for a moment. [ɪkˈskjuz mi fɔr ə ˈmoʊmənt] : Maafkan saya sebentar, permisi sebentar.

May I be excused? [meɪ aɪ bi ɪkˈskjuzd] : Bolehkah saya tidak ikut serta?

Keterangan : May I be excused? Adalah suatu ucapan permintaan maaf atau permintaan izin supaya diperbolehkan untuk tidak usah melakukan suatu hal atau suatu keharusan. Umpamanya supaya diperolehkan untuk tidak datang ke kantor atau untuk tidak menghadiri suatu pertemuan atau lain sebagainya.

May I be excused from attending the meeting? [meɪ aɪ bi ɪkˈskjuzd frʌm əˈtɛndɪŋ ðə ˈmitɪŋ ] : Bolehkan saya tidak ikut serta menghadiri pertemuannya?

I beg your pardon. [aɪ bɛg jʊər ˈpɑrdən] : Saya minta maaf.

Pardon me. [ˈpɑrdən mi] : Maafkanlah saya.

Keterangan : I beg your pardon atau Pardon me adalah suatu ucapan permintaan maaf atas suatu pelanggaran atau kesalahan yang tidak disengaja namun bersifat agak berat. Umpamanya menginjak kaki orang lain, menumpahkan kopi orang lain atau lain sebagainya.

I’m sorry. [aɪm ˈsɑri] : Maaf, (Saya menyesal.)

I’m very sorry. [aɪm ˈvɛri ˈsɑri] : Saya menyesal sekali.

Keterangan : I’m sorry atau I’m very sorry atau I’m terribly sorry adalah ucapan permintaan maaf atas suatu pelanggaran atau kesalahan yang agak berat, atau menimbulkan kerugian atau kerusakan pada harta benda seseorang. Sama halnya dengan I beg your pardon atau Pardon me.

I apologize. [aɪ əˈpɑləˌʤaɪz] : Saya minta maaf.

I must apologize to you. [aɪ mʌst əˈpɑləˌʤaɪz tu ju] : Saya harus minta maaf pada anda.

Keterangan : I apologize atau I must apologize to you adalah ucapan permintaan maaf atas suatu pelanggaran atau kesalahan yang bersifat berat. Umpamanya melupakan suatu janji, terlanjur mengucapkan sesuatu yang sangat melukai perasaan atau menyakiti hati seseorang.

I must apologize for what I said. [aɪ mʌst əˈpɑləˌʤaɪz fɔr wʌt aɪ sɛd] : Saya harus minta maaf atas apa yang (sudah) saya ucapkan.

Please forgive me for my rudeness. [pliz fərˈgɪv mi fɔr maɪ ˈrudnəs] : Harap maafkan saya atas sikap kasar saya.

Keterangan : pemakaian istilah forgive seperti dalam kalimat Please forgive me for my rudeness atau Please forgive my thoughtless remark dalam penggunaannya adalah sama dengan kalimat I apologize atau I must apologize to you yang merupakan ucapan permintaan maaf atas suatu pelanggaran atau kesalahan yang bersifat berat.

Please forgive my thoughtless remark. [pliz fərˈgɪv maɪ ˈθɔtləs rɪˈmɑrk] : Harap maafkan saya atas kata-kata saya yang tidak dipikirkan terlebih dahulu (sembarangan).

I’m sorry I can’t help you. [aɪm ˈsɑri aɪ kænt hɛlp ju] : Maaf saya tidak dapat menolong anda.

I’m sorry to have kept you waiting. [aɪm ˈsɑri tu hæv kɛpt ju ˈweɪtɪŋ ] : Maaf sudah membuat anda menunggu.

I’m sorry to have troubled you. [aɪm ˈsɑri tu hæv ˈtrʌbəld ju] : Maaf saya telah mengganggu anda.

 

CARA MENJAWAB UCAPAN PERMINTAAN MAAF DALAM BAHASA INGGRIS

Certainly. [ˈsɜrtənli] : Ya. (Tentu saja)

Please go right ahead. [pliz goʊ raɪt əˈhɛd] : Silahkan.

That’s all right. [ðæts ɔl raɪt] : Tidak apa-apa.

That’s quite all right. [ðæts kwaɪt ɔl raɪt] : sama sekali tidak apa-apa.

Of course. By all means. [ʌv kɔrs. baɪ ɔl minz] : Ya. Silahkan sajalah.

Not at all. I quite understand. [nɑt æt ɔl. aɪ kwaɪt ˌʌndərˈstænd] : Tidak apa-apa. Saya benar-benar mengerti.

Of course. [ʌv kɔrs] : Tentu saja.

Oh, it doesn’t matter. [oʊ, ɪt ˈdʌzənt ˈmætər] : Oh, tidak apa-apa.

Of course. Don’t mention it. [ʌv kɔrs. doʊnt ˈmɛnʃən ɪt] : Ya. Tidak apalah.

It’s OK. [ɪts ˈoʊˈkeɪ.] : Tidak apa-apa.

Oh, please don’t apologize. [oʊ, pliz doʊnt əˈpɑləˌʤaɪz] : Ya. Tidak apalah (Tidak usah minta maaf).


PERHATIAN : Suatu kalimat atau ungkapan bahkan suatu perkataan dalam bahasa Inggris tidak selalu dapat diterjemahkan dengan sangat tepat ke dalam bahasa Indonesia. Jadi terjemahan itu adakalanya hanya kira-kira saja, atau hanya mendekati pengertian bahasa aslinya. 

Demikian. Semoga catatan ini bermanfaat.

 

Sumber Tulisan:

1. S.F. Habeyb, Everyday English Conversation, YP Nurani

2. tophonetics.com

3. Catatan Pribadi 


REKOMENDASI KONTEN SUPER PENTING

Silahkan Klik Konten-Konten Di Bawah Ini :

·       PANDUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS LENGKAP A-Z 

·       BUKU PANDUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS (PDF) 

·       SINGKATAN DALAM BAHASA INGGRIS LENGKAP 

·       PERIBAHASA BAHASA INGGRIS ARTI DAN PENJELASANNYA 

·       ISTILAH POPULER BAHASA INDONESIA (KAMUS) 

·       ISTILAH POPULER BAHASA INGGRIS (KAMUS) 

·       ISTILAH BAHASA ARAB DALAM BAHASA INGGRIS 

·       UNGKAPAN (FRASE) DALAM BAHASA INGGRIS 


Rekomendasi Postingan Penting Lainnya Di Blog ini :

Silahkan Klik

Dalil- Dalil Al Qur'an Tentang Berbagai Tema

Daftar 900 Kata Benda Dalam Bahasa Inggris

Daftar Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris A-Z

Nama-Nama Negara Di Dunia Dalam Bahasa Inggris dan Cara Membacanya

Silent Letter (Huruf Diam) Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya Lengkap

Cara Membaca Simbol Fonetik Bahasa Inggris (IPA) dan Contohnya Lengkap

Hasbiyallah Nasri  BLOGGEM

Hasbiyallah Nasri You Tube
Infonya klik DI SINI

Jangan lupa SUBSCRIBE. Terima kasih.

Miliki Segera!!! Buku ACTIVE PRONUNCIATION. Silahkan KLIK gambar bukunya untuk INFO dan PEMESANAN.

Miliki Segera!!! Buku ACTIVE PRONUNCIATION. Silahkan KLIK gambar bukunya untuk INFO dan PEMESANAN.
ACTIVE PRONUNCIATION | Kampung Inggris Original Product. Penyusun: M Haris Shofy A & Hasbiyallah Nasri ☆☆HARGA TERJANGKAU☆☆ Tersedia juga di Shopee, Lazada dan toko online lainnya.

● POSTINGAN TERPOPULER BLOG INI

CARA MEMBACA IRREGULAR VERBS A-Z | VERB 1 2 3

CARA MEMBACA REGULAR VERBS A-Z | VERB 1 2 3

CARA MENAMBAHKAN AKHIRAN ED PADA KATA KERJA (VERB+ED)

TIGA WASIAT ROSULULLAH SAW - KHUTBAH JUM'AT

CARA MEMBACA SIMBOL FONETIK BAHASA INGGRIS (IPA)

ENGLISH INTONATION (TEKANAN SUARA BAHASA INGGRIS)


LOGO BLOGGEM

● POSTINGAN TERBARU 》 SILAHKAN KLIK


BLOGGEM LOGO