Recommended

KHUTBAH IDUL FITRI 1445 H / 2024 M

Pixabay.com


KHUTBAH IDUL FITRI 1445 H
KHUTBAH IDUL FITRI 2024
SYUKUR DAN SILATURAHIM 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُاللهِ وَ بَرَكَاتُهُ

اَللهُ أَكْبَرُ ×9

اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لَاإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ، لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَللهِ اْلحَمْدُ

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ جَعَلَ لِلْعِبَادِ يَوْمَ عِيْدٍ يَعُوْدُ عَلَيْهِمْ فِيْ كُلِّ سَنَةٍ وَ يَتَكَرَّرُ. وَجَعَلَ لَهُمْ صَوْمَ رَمَضَانَ وَأَفْطَرَ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْأَكْبَرُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ خَيْرُ الْخَلَائِقِ وَالْبَشَرِ. أَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الشَّافِعِ فِي الْمَحْشَرِ, وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْأَطْهَارِ

 أَمَّا بَعْدُفَيَاأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ! ، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ

 قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْأَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْيَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَصَدَقَ اللهُ العظيم

 

ALLAHUAKBAR 3X - LAA ILAAHAILLAHU WALLAAHU AKBAR – ALLAAHUAKBAR WALILLAAHILHAM
Ma’asyirol Muslimin Jama’ah Sholat ‘Idul Fitri Rohimakumullah

Puji syukur yang mendalam marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas berbagai nikmat karunia yang dilimpahkan kepada kita semua, sehingga pada pagi hari ini seraya diiringi sinar matahari pagi yang indah kita menyambut hari kemenangan, hari raya idul Fitri tanggal 1 Syawal 144H dengan berbahagia dan penuh syukur, bertakbir, bertahmid dan bertasbih serta melaksanakan sholat idul Fitri dengan berjamaah secara khusu di tempat yang penuh berkah ini, setelah satu bulan penuh yaitu bulan suci Ramadhan kita berpuasa, menahan lapar dan  dahaga, dengan banyak beribadah dan bertaqorrub kepada Allah SWT, melawan hawa nafsu kita, melawan bujuk rayu setan. Alhamdulillah pada hari ini sampailah kita pada hari yang fitri, hari kemenangan kita, hari kemenangan umat Islam di seluruh dunia. Sholawat serta salam semoga senantiasa terlimpahcurahkan keharibaan junjungan kita baginda nabi besar Muhammad SAW, Beliau adalah Rohmatal lil’aalamiin, yang telah menyelamatkan kita, membimbing kita ke jalan yang benar, jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Tidak  lupa khotib berwasiat agar kita senantiasa bertaqwa dan terus berusaha meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT, yaitu dengan cara senantiasa menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

 

ALLAHUAKBAR 3X - LAA ILAAHAILLAHU WALLAAHU AKBAR – ALLAAHUAKBAR WALILLAAHILHAM
Ma’asyirol Muslimin Jama’ah Sholat ‘Idul Fitri Rohimakumullah

Hari ini kita harus bersyukur dan berbahagia karena Allah SWT masih memperkenankan kita sampai dan menikmati hari kemenangan ini, Hari raya idul Fitri. Hari ini adalah hadiah dan anugerah yang sangat besar dari Allah SWT untuk kita semua umat Islam. 

Hari ini kita harus bersyukur dan berbahagia karena Allah SWT telah memperkenankan kita beribadah, berpuasa di bulan suci Ramadhan, sholat taraweh, sholat malam dengan balasan pahala yang sangat besar yaitu ampunan-Nya, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: 

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 "Barangsiapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan atas dasar iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR Bukhari dan Muslim). 

Hari ini kita harus bersyukur dan berbahagia karena Allah SWT telah memperkenankan kita dapat bertadarrus Al Qur’an, berzikir, shodaqoh, I’tikaf dan ibadah-ibadah yang lain di bulan suci Ramadhan, karena pahalanya dilipatgandakan. sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: 

Dari Abi Hurairoh RA berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Setiap amal anak adam akan dilipatgandakan, satu kebajikan dilipatgandakan menjadi 10 sampai 700 kali lipat. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : Kecuali puasa, karena puasa adalah untuk-Ku dan Akulah yang membalasnya. Dia meninggalkan kesenangan syahwatnya dan makannya karena-Ku”. (HR. Muslim) 

Sungguh besar keutamaan puasa di bulan suci Ramadhan, sampai-sampai Allah menyatakan puasa itu khusus untuk-Nya dan Dialah sendiri yang langsung akan memberi ganjarannya. 


ALLAHUAKBAR 3X - LAA ILAAHAILLAHU WALLAAHU AKBAR – ALLAAHUAKBAR WALILLAAHILHAM
Ma’asyirol Muslimin Jama’ah Sholat ‘Idul Fitri Rohimakumullah

Dari sejak semalam suara gema takbir berkumandang di pelosok pelosok negri, di desa, di kota dan di berbagai wilayah dunia sampai kepada tempat tinggal kita masing-masing. Kita merasakan betapa suara gema takbir itu menyentuh hati dan pikiran kita, menggetarkan jiwa kita menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, suara gema takbir yang menghentak kesadaran kita, sehingga kita semakin menyadari betapa Maha Tinggi dan Maha Luasnya Keagungan dan Kebesaran Allah SWT, suara gema takbir yang merasuk ke dalam hati sanubari kita hingga relung yang terdalam, yang meyadarkan kita betapa banyak dosa dan maksiat yang telah kita perbuat selama ini yang belum sempat kita bertobat, suara gema takbir yang seolah-olah menggugah kenangan kita, mengingatkan kita kepada orang-orang yang kita cintai, orang tua kita, ibu bapak kita, sanak saudara kita, karib kerabat kita yang bisa jadi di hari raya idul Fitri kemaren masih berada di tengah-tengah kita, kini, di hari raya idul Fitri tahun ini, ternyata sudah tiada lagi, mereka sudah tidak lagi berada bersama kita, di tengah-tengah kita karena sudah pergi mendahului kita, berpulang keharibaan Allah SWT, betapa kita merindukan mereka. Namun kita masih bisa membahagiakan mereka semua dengan iringan doa-doa terbaik kita, kita doakan mereka, kita mohonkan ampunan Allah SWT untuk mereka dan kita doakan mereka semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisiNya. Ya Allah… ampunilah kami, ampuni sanak sauadara kami, ampuni karib kerabat kami, wabil khusus Ya Allah.. ampuni ibu bapak kami, sayangi mereka, jika mereka masih hidup sehatkan jasmani dan ruhaninya, kasihi dan jagalah mereka serta berikanlah kebahagiaan dalam hidup mereka. Dan jika mereka telah tiada mohon ampuni segala dosa dan salah mereka serta tempatkanlah mereka di tempat yang terbaik di sisi-Mu Ya Allah, itu semua karena semua jasa dan kebaikan mereka terhadap kami sangatlah besar, tidak bisa tergantikan dengan kebaikan apapun yang kami lakukan di dunia ini, apalagi dengan sikap kami, ucapan kami dan perbuatan kami yang terkadang lebih banyak membuat mereka bersedih, yang terkadang lebih sering menyakiti hati dan perasaan mereka, dari pada memahagiakan mereka. Ya Allah Ya Robb ampunilah semua dosa, salah dan khilaf kami terhadap orang tua kami. 

ALLAHUAKBAR 3X - LAA ILAAHAILLAHU WALLAAHU AKBAR – ALLAAHUAKBAR WALILLAAHILHAM

Ma’asyirol Muslimin Jama’ah Sholat ‘Idul Fitri Rohimakumullah

Hari ini adalah hari berbahagia, kita harus berbahagia dan membahagiakan orang lain, membahagiakan keluarga, orang tua, sanak saudara, karib kerabat serta tetangga dengan cara saling bersilaturrahim, saling memaafkan semua khilaf dan kesalahan, juga saling berbagi kebahagian yang lain. Hapuskan semua rasa dendam dan kebencian karena ini juga merupakan sumber penyakit dan keresahan hidup kita. Allah SWT Maha Pemaaf, Dia akan memaafkan semua kesalahan hambaNya jika hambaNya mohon ampun dan bertobat. 

Di hari yang berbahagia ini, di hari Fitri ini, kita sucikan diri kita, hati kita dengan memohon maaf secara tulus lahir dan bathin kepada siapapun atas kesalahan- kesalahan yang kita perbuat baik besar maupun kecil, disengaja maupun tidak disengaja. Wabilkhusus kepada kedua orangtua kita, ibu kita yang telah mengandung kita selama 9 bulan dengan penuh kepayahan tetapi tetap ikhlas demi kita anaknya, orang tua kita yang telah mengasuh kita, merawat kita, mendidik kita, mengorbankan banyak waktu hidup mereka hanya untuk kita, yang mereka berharap besar, kelak  anak-anaknya bisa hidup bahagia, nantinya menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, yang berbakti kepada orang tua dan juga selalu medoakan pula orang tuanya baik semasa hidup maupun setelah meninggal dunia.

ALLAHUAKBAR 3X - LAA ILAAHAILLAHU WALLAAHU AKBAR – ALLAAHUAKBAR WALILLAAHILHAM

Ma’asyirol Muslimin Jama’ah Sholat ‘Idul Fitri Rohimakumullah

Mohonlah ridho dan maaf kepada kedua orang kita in sya Allah hidup kita akan senantiasa selamat dan bahagia dunia akhirat. Pada hari yang berbahagia ini, kita juga harus memberikan maaf kepada siapapun yang meminta maaf kepada kita. Dengan begitu in sya Allah, Allah SWT akan mengampuni dan memaafkan kita, serta merahmati dan memberkahi hidup kita. Aamiin.. Aamiin yaa Robbal ‘Aalamiin..

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنيِ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنيِّ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ َإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ

أَقُوْلُ قَوْليِ هذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ ليِ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ


KHUTBAH KEDUA, SILAHKAN KLIK DI SINI

 

Miliki Segera!!! Buku ACTIVE PRONUNCIATION. Silahkan KLIK gambar bukunya untuk INFO dan PEMESANAN.

Miliki Segera!!! Buku ACTIVE PRONUNCIATION. Silahkan KLIK gambar bukunya untuk INFO dan PEMESANAN.
ACTIVE PRONUNCIATION | Kampung Inggris Original Product. Penyusun: M Haris Shofy A & Hasbiyallah Nasri ☆☆HARGA TERJANGKAU☆☆ Tersedia juga di Shopee, Lazada dan toko online lainnya.

● POSTINGAN TERPOPULER BLOG INI

CARA MEMBACA IRREGULAR VERBS A-Z | VERB 1 2 3

CARA MEMBACA REGULAR VERBS A-Z | VERB 1 2 3

CARA MENAMBAHKAN AKHIRAN ED PADA KATA KERJA (VERB+ED)

TIGA WASIAT ROSULULLAH SAW - KHUTBAH JUM'AT

CARA MEMBACA SIMBOL FONETIK BAHASA INGGRIS (IPA)

PANDUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS LENGKAP A-Z


LOGO BLOGGEM

● POSTINGAN TERBARU 》 SILAHKAN KLIK


BLOGGEM LOGO