Recommended

KHUTBAH JUM'AT TENTANG KEISTIMEWAAN NABI MUHAMMAD SAW

Pixabay.com

KHUTBAH JUM'AT TENTANG NABI MUHAMMAD SAW
KHUTBAH JUM'AT BULAN RABI'UL AWAL

LIMA KEUTAMAAN ROSULULLAH


KHUTBAH PERTAMA

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدَ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ ٱلۡقِيَٰمَةِ. اما بعـد فَياَ عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

قال الله تعالى: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

وَقال تعالىيَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا. صَدَقَ اللهُ اْلعَظِيْمُ


Ma'asyirol muslimin jama'ah sholat Jum'at rohimakumullah

Puji serta syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua nikmat karunia yang terus dilimpahkan kepada kita, pada setiap menit dan setiap detik kehidupan kita, sehingga pada saat ini kita dapat hadir untuk melaksanakan sholat Jum'at di masjid yang mulia ini. Sholawat dan salam marilah pula senantiasa kita limpahhaturkan ke haribaan junjungan kita, baginda nabi besar Muhammad SAW, rahmatal lil'aalamin, sayyidul anbiya wal mursalin, yang telah mengajarkan dan membimbing kita ke jalan yang benar, jalan yang ridhoi oleh Allah SWT.

Dan yang yang tidak kalah pentingnya marilah kita senantiasa bertakwa dan meningkatkan takwa kita kepada Allah SWT, yaitu dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.


Ma'asyirol muslimin jama'ah sholat Jum'at rohimakumullah

Hari ini kita masih berada pada bulan Robi'ul Awwal, bulan kelahiran junjungan kita, baginda nabi besar Muhammad SAW. Begitu banyak keistimewaan yang Allah SWT berikan kepada beliau, di antaranya sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori, dari Jabir ibn ‘Abdullah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Aku diberi lima hal yang tidak diberikan kepada nabi manapun sebelum aku. Yaitu:

Keistimewaan pertama: Musuh Islam Gemetar

نُصِرْتُ بالرُّعْبِ مَسِيرَةَ شَهْرٍ

“Dan aku ditolong dengan rasa takut (bagi musuh-musuhku) dengan jarak satu bulan perjalanan.”

Pada zaman nabi dan sahabat (khoirul kurun), musuh-musuh Islam gentar dan gemetar bila mendengar kekuatan pasukan Islam akan datang walaupun jaraknya masih sangat jauh. Semestinya demikian pula saat ini, itu bisa terjadi apabila umat Islam kini tidak mudah dihasut, dipecahbelah dan diadudomba oleh musuh-musuh Islam, apabila persatuan dan ukhuwah islamiyah kita kuat dan kokoh pastilah merekapun akan gentar dan takut menghadapi kita.


Keistimewaan kedua: Bumi Allah Suci

وجُعِلَتْ لي الأرْضُ مَسْجِدًا وطَهُورًا، وأَيُّما رَجُلٍ مِن أُمَّتي أدْرَكَتْهُ الصَّلَاةُ فَلْيُصَلِّ

“Dijadikan bagiku bumi itu baik dan suci (bahkan untuk bersuci) dan sebagai masjid, sehingga di mana saja seseorang yang mengetahui masuknya waktu shalat maka ia boleh sholat dimana saja ia berada.”

Allah SWT menjadikan bumi ini tempat sujud dan juga kita bisa menggunakannya untuk bersuci, yaitu dengan mandi dan wudhu sebelum kita beribadah kepada-Nya.


Keistemawaan ketiga: Dihalalkan Ghanimah (Harta Rampasan Perang)

وأُحِلَّتْ لي الغَنَائِمُ

“Dihalalkan bagiku ghanimah dan tidak untuk seorangpun sebelumku.”


Keistimewaan keempat: Rasulullah Diutus untuk Semua

وكانَ النبيُّ يُبْعَثُ إلى قَوْمِهِ خَاصَّةً، وبُعِثْتُ إلى النَّاسِ كَافَّةً

“Adalah setiap nabi diutus hanya untuk kaumnya masing-masing secara khusus, sedangkan aku diutus kepada yang berwarna kulit merah dan hitam (umum).”

Hanya nabi Muhammad SAW saja, tidak dengan para nabi dan rasul yang diutus untuk seluruh manusia. Allah SWT berfirman:

وَمَآ أَرۡسَلۡنَٰكَ إِلَّا كَآفَّةٗ لِّلنَّاسِ بَشِيرٗا وَنَذِيرٗا وَلَٰكِنَّ أَكۡثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعۡلَمُونَ

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (Saba’ 28)

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman:

وَمَآ أَرۡسَلۡنَٰكَ إِلَّا رَحۡمَةٗ لِّلۡعَٰلَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (al-Anbiya’: 107


Keistimewaan kelima: Fasilitas Syafa’ah

وأُعْطِيتُ الشَّفَاعَةَ

“Dan aku diberi keistimewaan dapat memberi syafaah.”

Begitu besar keistimewaan dan keutamaan yang diberikan kepada junjungan kita baginda nabi Muhammad SAW salah satunya adalah syafa'ah dan ini akan diberikan kepada kita umatnya yang ber'ittiba kepada beliau dengan banyak bersholawat kepada beliau serta mau menjalankan sunah-sunah beliau dengan sepenuh hati, beliau akan membantu dan menolong kita bukan hanya di kehidupan dunia tetapi juga di akhirat sehingga kita selamat dari kesengsaraan dan api neraka.


Ma'asyirol muslimin jama'ah sholat Jum'at rohimakumullah

Baginda nabi Muhammad begitu luar biasa kehebatan dan pengaruhnya, bukan hanya di kalangan kaum muslimin bahkan juga diakui oleh banyak kaum intelektual di luar islam atau kaum intelektual non muslim, di antaranya yg paling populer adalah..

Michael H. Hart (lahir 27 April 1932) yaitu seorang Astrofisikawan, Penulis, Peneliti dan Ahli Sejarah Yahudi-Amerika), dalam bukunya The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History. yang menempatkan nabi Muhammad SAW di peringkat pertama tokoh paling berpengaruh dalam sejarah peradaban manusia, mengungguli nabi Isa AS, Isac Newton, Budha dan tokoh-tokoh besar dunia lainnya.

Dalam pernyataannya, dia mengatakan: “My choice of Muhammad to lead the list of the world's most influential persons may surprise some readers and may be questioned by others, but he was the only man in history who was supremely successful on both the religious and secular level”. "Pilihan saya jatuh kepada Muhammad untuk memimpin daftar orang-orang paling berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan beberapa pembaca dan mungkin dipertanyakan oleh yang lain, namun dialah satu-satunya orang dalam sejarah yang sangat sukses baik dalam urusan agama maupun urusan di luar agama".

Bersyukurlah kita sebagai umat Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan khatamun nabiyyin atau penutup para nabi ini. Yang begitu luar biasa kehebatannya, begitu banyak fasilitas dan kemudahan serta reward yang diberikan jika kita benar-benar ber-ittiba’ kepada beliau dengan sepenuh hati.


،اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ


بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فيِ القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنيِ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذِّكْرِ الحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنيِّ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ َإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ

أَقُوْلُ قَوْليِ هذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ ليِ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ



KHUTBAH KEDUA

   اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ   اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

 عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ


Miliki Segera!!! Buku ACTIVE PRONUNCIATION. Silahkan KLIK gambar bukunya untuk INFO dan PEMESANAN.

Miliki Segera!!! Buku ACTIVE PRONUNCIATION. Silahkan KLIK gambar bukunya untuk INFO dan PEMESANAN.
ACTIVE PRONUNCIATION | Kampung Inggris Original Product. Penyusun: M Haris Shofy A & Hasbiyallah Nasri ☆☆HARGA TERJANGKAU☆☆ Tersedia juga di Shopee, Lazada dan toko online lainnya.

● POSTINGAN TERPOPULER BLOG INI

CARA MEMBACA IRREGULAR VERBS A-Z | VERB 1 2 3

CARA MEMBACA REGULAR VERBS A-Z | VERB 1 2 3

CARA MENAMBAHKAN AKHIRAN ED PADA KATA KERJA (VERB+ED)

TIGA WASIAT ROSULULLAH SAW - KHUTBAH JUM'AT

CARA MEMBACA SIMBOL FONETIK BAHASA INGGRIS (IPA)

PANDUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS LENGKAP A-Z


LOGO BLOGGEM

● POSTINGAN TERBARU 》 SILAHKAN KLIK


BLOGGEM LOGO